NasionalNewsPolitik

Kritik, Wasekjen PPP Nilai Sistem Pemilu Proposal Tertutup Sebagai Kemunduran Demokrasi

Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Wasekjen PPP) Chairunisa Yusuf mengatakan sistem Pemilu proporsional tertutup merupakan kemunduran bagi demokrasi di Indonesia.

“Sementara sistem Pemilu dengan Proporsional terbuka merupakan pilihan yang tepat dan telah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22-24/PPU-VI/2008 yang sudah dijalankan selama 3 pemilu terakhir. Demi menjaga kemajuan demokrasi di Indonesia yang telah dijalankan sejak era reformasi,” katanya.

Dikatakannya, sistem pemilu dengan proporsional terbuka merupakan perwujudan dari demokrasi yang berasaskan kedaulatan rakyat.

“Dimana rakyat bisa langsung memilih dan menentukan calon anggota legislatif yang dicalonkan oleh partai politik,” katanya.

Untuk itu, kata Nisa, Partai Persatuan Pembangunan menolak sistem pemilu dengan sistem proporsional tertutup.

“Meskipun setiap sistem pemilu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sistem pemilu dengan proporsional terbuka menjadi alternatif yang baik saat ini untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.(*)

Show More

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/rsmgsdaa/public_html/sinarpembaruan.com/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-filters.php on line 328

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close