Uncategorized

Keep Bersyukur Don’t Insecure

Kurangi Insecure perbanyak bersyukur, sumber foto: Canva.com

SINARPEMBARUAN.COM- Dalam kehidupan ini mungkin kita sering mendengar istilah Insecure . Lalu apa itu Insecure? Insecure adalah sebuah perasaan dimana seseorang selalu merasa cemas, takut, tidak menerima dirinya secara tulus, yang kemudian membuat dirinya merasa tidak nyaman.

Itu semua disebabkan karena takut akan kegagalan dan penolakan dari lingkungan, padahal itu semua berasal dari penilaian terhadap diri sendiri. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami Insecure khususnya ketika berhadapan dengan orang yang lebih dari diri kita dan hal ini sebenarnya adalah hal yang normal dan wajar.

Merasa Insecure kebanyakan dialami oleh anak-anak muda yang tidak percaya diri karena melihat orang lain atau teman sebayanya yang lebih baik, khususnya dari segi fisik dan penampilan, mungkin saat kita merasa insecure yang ada di kepala kita saat itu hanyalah pemikiran “mengapa saya tidak se perfect itu”Terlepas dari itu semua merasa Insecure secara terus-menerus tidak baik untuk kesehatan mental, terus-menerus merasa Insecure hanya akan membuat kita terpuruk dan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, padahal jika kita sadari tentu saja Allah telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya bentuk dan tentunya hal itu untuk kita nikmati dan syukuri.

Jika kita terus meluaskan rasa syukur terhadap apa yang telah diberikan, hati kita akan merasa lebih tenang, sehat dan bahagia atau bahkan mungkin tidak akan ada waktu untuk terus merasa insecure terhadap apa yang telah diberikan oleh-Nya.Di dalam surah Al-Baqarah ayat 152 terdapat ayat Allah yang artinya “Maka ingatkah kepada-Ku, akupun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah Kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku” dalam ayat ini sudah dijelaskan betapa pentingnya bersyukur, Allah pun menjanjikan Jika seorang hamba selalu ingat kepada Allah, maka Allah pun akan ingat kepada hambanya yang senantiasa bersyukur.

Baca Juga :  Samsung profits boosted by smartphone sales

Banyak hal-hal yang patut untuk disyukuri, coba kita sadari dan renungkan bahwasanya menerima diri dan tidak terus-menerus merasa insecure adalah bagian dari bentuk syukur kita kepada Allah, bahkan diberikan kesehatan sampai saat ini, itupun adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya yang bukan menjadi alasan kita untuk tidak bersyukurPercayalah di dunia ini tidak ada kebaikan yang terlalu kecil untuk kita syukuri, apa kita lupa? Kita yang masih diberikan nafas dan menghirup udara segar, dikelilingi oleh orang-orang yang baik, dan diberi mata dengan penglihatan yang baik itupun adalah sebuah anugerah yang Allah titipkan agar kita bersyukur dan mengucap Alhamdulillah.

Lalu untuk apa kita terus merasa Insecure? Jika pada dasarnya ternyata setelah kita ingat betapa banyak kenikmatan yang tak terhingga jika kita sebutkan satu persatu, kita adalah mahluk yang Allah ciptakan dengan bentuk paling sempurna diantara mahluk yang lainnya, dan untuk itu kebelakangkanlah rasa insecure kita.Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa insecure, dikutip dari Idn.Times ada 7 cara mengatasi insecure diantaranya yaitu :

1. Jadilah sahabat untuk diri sendiri

2. Tinggalkan teman toxic yang sering menjatuhkan

3. Lakukan langkah kecil untuk membangun kepercayaan diri

4. Berikan self reward ketika kita berhasil melawan rasa insecure

5. Habiskan waktu dengan orang-orang yang menghargai keberadaan kita.

6. Jangan menjadi orang yang self contered

Baca Juga :  DPP Garda Pemuda NasDem Gelar Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim

7. Jangan terlalu banyak bergantung dengan orang lain.

Dari 7 point diatas bisa menjadi cara untuk mengatasi rasa insecure, kita bisa melakukan berbagai tips tersebut agar kita tidak terus-menerus merasa insecure dan tidak percaya diri, marilah kita berbenah diri agar menjadi hamba yang senantiasa bersyukur dan mengerti betapa besarnya kasih sayang Allah.Yuk kita luaskan lagi rasa syukurnya… keep BERSYUKUR don’t INSECURE.***

Penulis: Tia Kamilah (Anggota Kopri PK PMII Al-Azhary Cianjur)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close