Uncategorized

Begini Mekanisme Pemilihan Ketua Tanfidziyah dan Rois Syuriah PCNU Cianjur


Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/rsmgsdaa/public_html/sinarpembaruan.com/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-filters.php on line 328

SINARPEMBARUAN.COM, CIANJUR – Hari Ahad-Senin, (22-23/05/2022 atau 21-22 Syawal 1443 H) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XVIII. Pelaksanaan dihelat di Pondok Pesantren Al-Ittihad, Rawabango, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Ketua Panitia Konfercab, Dr. H. Ujang Sahid, M. Pd menerangkan, selain kegiatan pembukaan dan beberapa sidang pleno yang diagendakan, terdapat berbagai kegiatan pelengkap sebagai bagian dari rentetan acara Konfercab. Diantaranya yaitu Pameran, Bazar UMKM, Bahtsul Masail dan lain-lain.

Ujang Sahid mengatakan, Konfercab nantinya juga akan dilaksanakan pemilihan Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Cianjur. Dijelaskan, bahwa pemilihan dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. Selain itu, ada mekanisme pemilihan yang mengatur sesuai AD/ART NU.

”Mekanisme pemilihan Rois Syuriah dipilih oleh Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) yang terdiri dari ulama khos dengan kriteria khusus yang berkompeten, beraqidah Ahlu Sunnah Waljamaah Annahdliyyah, alim, waro, tawadhu, adil, memiliki integritas moral yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk memilih pemimpin,” ucapnya, Selasa (17/05/2022).

Wakil Sekretaris PCNU Cianjur ini mengatakan, dari sembilan anggota AHWA, ada lima anggota yang akan ditunjuk oleh peserta Konferensi. Setelah itu, kelima anggota AHWA tersebut bermusyawarah untuk menentukan dan memilih Rois Syuriah.

Ia memaparkan, adapun untuk pemilihan Ketua Tanfidziyah, jika pada saat musyawarah nantinya tidak ditemukan adanya mufakat. Maka pemilihan akan dilanjutkan dengan mekanisme suara terbanyak.

”Tata cara pemilihan Ketua Tanfidziyah melalui musyawarah mufakat. Jika tidak menemukan kata mufakat, baru dipilih (voting) oleh peserta Konfercab,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua SC Konfercab, Dr. H. Rudi Ahmad Suryadi, M. Ag., berharap pelaksanaan Konfercab berjalan dengan tertib dan lancar. Dia juga berharap NU kedepan bisa lebih baik lagi yaitu mempertahankan tradisi lama yang baik dan membuat inovasi yang baru dan lebih baik.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close