Daerah

Bawa anak dan cucu di acara Harlah 1 abad, IKBAL Cianjur ingin perkenalkan pesantren sejak dini

Sinarpembaruan.com-Cianjur, Baru setengah tahun terbentuk, Ikatan Alumni Ma’had Baitul Arqom Al Islami (IKBAL) Korwil Cianjur terlihat sudah menunjukan kinerja dan kekompakannya. Berbagai inovasi program telah dilakukan termasuk mengikuti agenda Kegiatan Haul Muassis dan harlah 1 Abad Pondok Pesantren Baitul Arqom yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (26/02/2022).

Dengan menyewa 1 (satu) bis Besar yang penuh berisi dengan para Alumni, istri bahkan membawa anak cucu mereka. Para alumni sangat antusias ingin mengikuti acara tersebut karena dari pagi buta sudah standby di titik kumpul di Pondok Pesantren Al Istiqlaal Cicantu Sukaluyu Cianjur pimpinan KH abdul Karim Syuja’i yang juga ketua Korwil IKBAL Cianjur.

Ketua Panitia Haul Muassis dan Harlah 1 Abad korwil IKBAL Cianjur, jamiludin yang Juga sekretaris IKBAL Cianjur mengatakan bahwa kegiatan ini sangat spesial karena sudah 100 tahun Ma’had Baitul Arqom berkiprah mendidik generasi bangsa.

“ sudah jauh2 hari para alumni menanti nanti momen seperti ini, selain persiapan yang matang, mereka bahkan sampai membawa istri, anak serta cucu nya, hal ini tiada lain adalah bahwa para alumni ingin memperkenalkan kultur pesantren baitul arqom yang dari pertama berdiri satu abad yang lalu (1922) didirikan dengan tujuan untuk menegakan Amar Ma’ruf Nahyi Anil Munkar dengan mengatasi masalah Akhlaqulkarimah,membina juga mencetak kader-kader Ulama, sekaligus menjaga dan melestarikan kemurnian Aqidah yang di wariskan oleh Sepuh-sepuhnya yaitu Aqidah Ahlussunnahwaljama’ah dan tujuan ini yang ingin di terapkan para alumni kepada anak dan cucu nya sejak dini bahwa ini pesantren bapa mereka dulu sehingga nilai nilai universal kepesantren melekat di dada dan jiwa mereka ketika besar terutama terkait akhlak mulia dan ajaran ajaran doktrin guru-guru mereka” ungkapnya.

Ketua IKBAL Koriwl Cianjur, KH Abdul Karim Syuja’i menilai bahwa hubungan atau relasi antara kiai dan santri, murid dan guru tidak bisa di pisahkan oleh apapun bahkan kematian sekalipun sehingga saya melihat bahwa apa yang diwariskan oleh guru guru kami di mahad baitul Arqom al islami baik ilmu maupun akhlak pasti akan di terapkan oleh kami kepada anak dan cucu cicit kami sampai kapanpun.

“Inilah bedanya lembaga pendidikan pesantren dengan lembaga pendidikan lainnya. Maka 100 tahun pesantren baitul Arqom Al Islami menjadi bukti bahwa pesantren bisa bertahan dan berkembang sampai setua ini diantaranya karena keikhlasan dari para guru2 pendiri (muassis) pesantren, para penerus, dukungan dari para alumni, orang tua santri yang secara ikhlas menitipkan santri nya di Ponpes Baitul Arqom Untuk dididik dan dibina menjadi manusia manusia yang paripurna” katanya.

“Semoga ke depan, kegiatan ke depan lebih banyak diikuti oleh para alumni bukan hanya tua tapi juga yang muda yang masih fresh dalam ide gagasan dan pemikiran dalam memajukan pesantren Baitul Arqom” tambahnya

selain mengikuti acara haul Muassis dan harlah 1 Abad, rombongan Korwil cianjur juga melanjutkan safari Ziarah Auliya ke makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya salah satu wali penyebar agama islam di Jawa Barat, syekh Panjalu (Prabu Hariang Kancana, Panjalu-Ciamis, dan Syekh Ja’far Sodik Gunung Haruman Cibiuk Garut.

Tags
Show More

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/rsmgsdaa/public_html/sinarpembaruan.com/wp-content/themes/jannah/framework/classes/class-tielabs-filters.php on line 328

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close