Nasional

Nasdem Temui Mahfud MD Berharap Syaikhona Kholil Bangkalan Madura Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Sinarpembaruan.com, JAKARTA – Partai Nasdem mengusulkan ulama besar asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md yang juga berasal dari pulau Madura 

“Kami beserta pengusul dari Yayasan Syaikhona Kholil melakukan audiensi dengan Menko Polhukam Mahfud MD terkait usulan untuk pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil Bangkalan,” kata Ketua Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi DPP Partai NasDem Sri Sajekti Sudjunadi (Jeanette), Rabu (29/9/2021).

Jeanette mengaku telah menceritakan kepada Mahfud Md bagaimana perjalanan Partai Nasdem untuk memperjuangkan agar Syaikhona Kholil mendapat gelar sebagai pahlawan nasional.

“Kami menyampaikan kepada beliau (Menkopolhukam Mahfud MD) tentang perjalanan pengajuan gelar pahlawan ini dan sekaligus kami melaporkan kepada beliau bahwa seluruh persyaratan sudah lengkap dan sesuai dengan jadwal sudah kami ajukan melalui Kemensos,” ucap Jeanette.

Sekretaris Fraksi Nasdem MPR, Syarif Abdullah Alkadrie menambahkan, proses perjuangan untuk mengusulkan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional sudah dilakukan sejak 2018. Saat itu, pengurus Partai Nasdem di Jawa Timur sudah melakukan kajian secara komprehensif.

Kemudian, lanjut Syarief, hasil kajian dari kader Jawa Timur ditindaklanjuti hingga tingkat nasional. Bahkan, sudah beberapa kali diseminarkan.

“Apa yang menjadi referensi Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional itu memang betul-betul sudah didukung oleh fakta secara ilmiah, sehingga beliau bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” terang legislator dari Dapil Kalimantan Barat I ini.

Syarief mengatakan, partainya memperjuangkan Syaikhona Kholil agar mendapat gelar pahlawan nasional karena ia adalah guru bangsa, diantaranya banyak murid-murid beliau yang menjadi pahlawan nasional. Bahkan Syaikhona merupakan inspirator berdirinya ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

“Ini juga suatu perekat untuk kebangsaan sehingga menumbuhkan dan mempererat nilai-nilai nasional kebangsaan,” ujar Syarief.

Tokoh Pendidik yang Diakui

Syarief mengungkapkan, Syaikhona Kholil juga merupakan tokoh pendidik yang diakui di dalam maupun di luar negeri. “Banyak karya-karya beliau yang menjadi referensi di lembaga luar negeri. Beliau ini merupakan seorang tokoh yang telah membawa nama bangsa di kancah internasional,” beber Syarief.

Melihat perjuangan Partai Nasdem, pengurus Yayasan Syaikhona Kholil Bangkalan, Muhaimin mengaku terharu dan sangat mengapresiasi kekonsistenan sikap Partai Nasdem.

“Kami dari tim pengusul Yayasan Syaikhona Kholil menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tigginya kepada segenap jajaran Partai Nasdem yang telah menginisiasi proses pengusulan gelar pahlawan ini,” ucap Muhaimin.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Menkopolhukam Mahfud MD yang telah menerima dengan baik kedatangan Yayasan Syaikhona Cholil dan Nasdem.

“Respons beliau sangat positif, dan beliau sangat mendukung pengusulan gelar Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional,” ungkapnya.

Terakhir, Muhaimin menegaskan bahwa semua persyaratan pengajuan gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona sudah dipenuhi. Seperti konteks biografi riwayat hidup, dokumen perjuangan, penelitian akademik, bahkan penilaian dari Kemensos untuk proses pengusulan gelar pahlawan nasional.

“Yang jelas keempat dokumen usulan itu udah kami penuhi dan sudah lengkap,” ujar Muhaimin.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close