Nasional

Demo di Depan Gedung KPK Diwarnai Saling Dorong Antara Mahasiswa dan Polisi

Sinarpembaruan.com, JAKARTA– Aksi Mahasiswa saling dorong dan teriak di depan Gedung KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Senin (27/9/2021) sekitar pukul 13.00 WIB.

Massa aksi berupaya merangsek maju tetapi diadang oleh aparat kepolisian. Lewat pengeras suara, aparat kepolisian mengimbau massa untuk tetap tenang.

“Tahan, tahan. Ditahan. Adek adek, tolong adek-adek. Adek-adek mahasiswa. Kita sama-sama. Kita saudara. Tolong dijaga emosinya,” kata Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto lewat pengeras suara, Senin siang.

Agus meminta para mahasiswa berkepala dingin saat unjuk rasa. Ia pun meminta mahasiwa sabar dan menahan emosi. “Tolong ditahan emosinya. Tolong ditahan emosinya,” tambah Agus.

Adapun aksi unjuk rasa ini digelar oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Gerakan Selamatkan KPK (GASAK).

Aksi tersebut dikabarkan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah.

Massa melakukan aksi demo untuk memprotes pemecatan 57 pegawai KPK lewat tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dinilai semakin melemahkan lembaga antirasuah tersebut. Polres Metro Jakarta Selatan menyiapkan 600 personel dan sejumlah kendaraan taktis untuk mengamankan jalannya unjuk rasa. Polisi juga menyiapkan tes swab antigen secara acak untuk para pengunjuk rasa.(i)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close