Ekonomi

Tahun Ini Emiten Sawit Subermas Siapkan Belanja Modal Rp 550 Miliar

JAKARTA – Emiten sawit, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menyiapkan anggaran belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 550 miliar untuk tahun 2021. Asal tahu saja, mayoritas capex tersebut akan digunakan perusahaan untuk kebutuhan non-planting.

CFO SSMS Hartono Jap menjelaskan, untuk kebutuhan non-planting, perusahaan akan alokasi belanja modal sebesar Rp 520 miliar. Dan sisanya baru akan digunakan untuk planting.

“Non-planting seperti pengembangan dan perawatan infrastruktur penunjang operasional kami, seperti perawatan mesin mekanisasi, pabrik, pembangunan jalan (kebun atau daerah sekitar Perseroan) perawatan perkebunan dan pemupukan kelapa sawit,” kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (2/3/2021).

Hartono menambahkan, faktor non-planting merupakan sarana penunjang untuk meningkatkan efektivitas operasional, menjaga hasil buah yang baik sehingga menghasilkan harga yang premium.

Sejauh ini, SSMS belum ada rencana dalam penambahan mesin maupun PKS untuk meningkatkan kapasitas pabrik. Hartono bilang, pabrik SSMS yang terakhir baru komisioning akhir tahun 2019. ()

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close