Internasional

Pekerja Migran Indonesia di Malaysia Kelaparan, KBRI Diminta Sediakan Bahan Makanan

Sinarpembaruan.com, Jakarta – Banyak pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia terancam mengalami kelaparan. Hal itu terjadi terutama di kongsi-kongsi akibat diberlakukannya lockdown di Malaysia.  

Anggota DPR RI Komisi IX dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Anas Thahir mengatakan, jika hal itu dibiarkan, khawatir bisa memunculkan masalah baru, seperti masalah kesehatan dan social-panic. Resikonya bisa bertambah rumit.  

“KBRI untuk Malaysia harus segera bertindak dengan membantu para PMI tersebut dengan menyediakan  bahan makanan dan kebutuhan lainnya selama Malaysia Lockdown,” ujar Anas Thahir di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Berdasarkan informasi yang dia terima dari ormas NU di Malaysia, KBRI belum melakukan tindakan yang kongkrit terkait pekerja migran Indonesia yang ada di sana. Menurutnya, dalam situasi seperti sekarang pemerintah harus gerak cepat untuk menyelamatkan PMI.

Terhadap adanya perpanjangan masa Lockdown di Malaysia sampai tanggal 14 April 2020, kata Anas, pemerintah harus segera menyusun skema penjemputan bagi pekerja migran Indonesia yang perlu dipulangkan. Pemerintah juga harus memikirkan keberlanjutan hidup pekerja migran Indonesia yang tak bisa pulang.

“Jangan baru tergopoh-gopoh saat kebijakan Lockdown sudah dibuka,” tegas anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur III ini.

“Seluruh perusahaan pengirim PMI ke Malaysia harus didorong untuk ikut aktif memantau kondisi para pekerjanya dan ikut perduli memberikan bantuan sebisanya,” tutupnya. (AR)

Baca Juga :  PPP Kecam Penyerangan Israel terhadap Palestina
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close