Ekonomi

BUMN Tetap Adakan Rekrutmen, Bagaimana Caranya?

Sinarpembaruan.com, Jakarta – Meski saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi corona, tak menjadi kendala bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan rekrutmen. Tak ada penundaan rekrutmen.  

“Tahun ini enggak ada reschedule. Rekrutmen tetap berjalan, itu (untuk memenuhi) kebutuhan,” ujar Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN Herdy Harman di Jakarta, Sabtu (28/3/3020).

Herdy menjelaskan, proses seleksi kali ini berbeda dengan sebelumnya, yakni melalui online. Para calon karyawan tak harus hadir secara fisik.

Ia mencontohkan mengenai wawancara user, yang dilakukan melalui telepon atau video call.

“Paling beberapa company dimundurkan, kemudian prosesnya fisik itu jadwalnya digeser. Wawancara lebih ke online,” terangnya.

Adapun contoh BUMN yang saat ini tengah melakukan rekrutmen yakni Perum Damri, PT Bukit Asam Tbk, Sucofindo, Hutama Karya, Adhi Karya, Boma Bisma Indra, hingga Askrindo.

Herdy pun mengungkapkan, rekrutmen yang dilakukan pada awal tahun ini merupakan tahap pertama perekrutan. Sementara untuk tahap kedua, perekrutan karyawan BUMN akan dilakukan pada akhir tahun.

“Kebutuhan setiap tahun ada aja. Setahun 2 kali. Ini yang pertama nih, nanti (rekrutmen) yang terakhir menjelang bulan Oktober,” tandasnya. (AT)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close