Kesehatan

Empat RS dan Hotel BUMN Ini Dijadikan Rujukan Pasien Corona, Apa Saja?

Sinarpembaruan.com, Jakarta – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, BUMN menyiapkan empat rumah sakit (RS) BUMN untuk khusus melayani pasien corona. Hal ini dilakukan agar penanganan corona lebih baik dan efektif.  

Menurut dia, saat ini ada empat RS BUMN yang disiapkan untuk penanganan corona. Empat RS itu adalah RS Pertamina dan RS Pelni di Jakarta, RS Lavalette di Malang, Jawa Timur, dan RS PHC di Surabaya, Jawa Timur.

“Ada empat RS yang sudah benar-benar siap. Nantinya ada 31 (RS BUMN), tapi untuk awal 4 RS dulu,” ujar Arya di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Kementerian BUMN juga mengubah fungsi Hotel Patra Comfort yang berada di samping RS Pertamina Jaya sebagai tempat penanganan corona. Hal ini bagian dari upaya antisipasi terjadi lonjakan pasien yang diduga terpapar corona.

Arya memerinci RSPJ saat ini memiliki kapasitas 65 tempat tidur yang terdiri atas 20 tempat tidur untuk perawatan setingkat ICU dan 45 tempat tidur non-ICU. RSPJ juga memiliki ruangan isolasi bertekanan tinggi di tiga lantai sehingga sistem penyaluran udarannya tidak terlewati virus.

“RS Pertamina Jaya juga akan dilengkapi laboratorium diagnostic yang mampu mendeteksi virus corona, fasilitas radiologi, dan gawat darurat yang dilengkapi ruang isolasi,” tambahnya.

Arya menjelaskan, RSPJ juga memiliki 10 dokter spesialis, 8 dokter umum, 38 perawat terlatih. Sementara itu, Hotel Patra Comfort akan difungsikan saat ini sebagai tempat penanganan orang dengan pemantauan (ODP) corona. Hotel Patra Comfort saat ini memiliki kapasitas 52 tempat tidur untuk ODP corona.

Kementerian BUMN juga akan menggunakan bangunan lama yang ada di sekitar Cikini dan Pramuka untuk dimanfaatkan menjadi tempat tidur bagi pasien corona. Kementerian BUMN menargetkan penyediaan 90 tempat tidur di bangunan tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat guna membantu kebutuhan penanganan corona.

“Sejauh ini belum ada yang ditempatkan di RS BUMN. Ada rencana, Menkes mau lihat juga. Minggu depan sudah oke. Soal biaya pemerintah sudah menegaskan akan menanggung biaya pasien corona,” tutupnya. (AT)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close