Kesehatan

Khusus Tangani Penyakit Menular, Jokowi akan Sulap Rumah Sakit di Pulau Galang

Sinarpembaruan.com, Jakarta – Presiden Jokowi akan memfungsikan rumah sakit di Pulau Galang, Batam menjadi rumah sakit khusus penyakit menular. Renovasi rumah sakit itu tak lepas dari wabah virus corona.

“Fasilitas itu sudah ada, tapi lama tidak digunakan. (Fasilitas kesehatan) akan direnovasi dalam waktu yang sangat cepat,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Pemerintah memiliki 132 rumah sakit yang memiliki fasilitas isolasi untuk penyakit menular. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai tetap diperlukan rumah sakit khusus untuk mengobservasi penderita virus corona dalam jumlah besar.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan, renovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang mulai dilakukan pada Rabu (4/3). Ini tak lepas dari pentingnya keberadaan rumah sakit khusus untuk menangani kasus virus corona.

“Keputusan untuk merenovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang diambil pemerintah karena transportasinya lebih mudah. Kalau di Sebaru, kalau malam atau ombak besar itu susah,” terang Basuki.

Sebagai informasi, Pulau Galang adalah tempat pengungsian para warga Vietnam pascaperang saudara pada 1979-1997. Pulau itu memiliki berbagai fasilitas, seperti barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah yang dapat menampung sekitar 250 ribu pengungsi. (HR)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close