Kesehatan

Cegah Corona, Ikuti Tips Ini Saat di Transportasi Publik

Sinarpembaruan.com – Ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona Amerika Serikat Charles Gerba mengatakan bahwa penyebaran virus corona cepat dan masif, termasuk transportasi publik. Ia memberikan tips agar kamu bisa tercegah dari virus corona meski sedang di transportasi publik.

“Segera memakai hand sanitizer setelah turun dari transportasi publik. Mencuci tangan dengan sabun atau melap dengan hand sanitizer efektif untuk membunuh kuman atau virus,” ujar Gerba, seperti dilansir New York Post.

Ia mengingatkan warga dunia menghindari kerumunan, termasuk pada jam-jam sibuk, terutama saat pagi kala masuk jam kerja dan sekolah, serta sore saat para pegawai kantor pulang kerja. Saat kendaraan umum kerap padat, meningkatkan risiko tertular kuman terutama yang ditransmisikan melalui udara, dari batuk dan bersin.

“Karena tidak ada banyak tempat untuk bergerak selama jam sibuk. Semakin banyak orang berarti lebih banyak kesempatan untuk disentuh seseorang yang tidak membersihkan tangan mereka dengan benar,” terangnya.

Ia menyarankan jika memungkinkan, berangkatlah sedikit lebih awal atau lebih lambat untuk bekerja, sehingga Anda tidak perlu berada di dalam kendaraan umum selama jam sibuk, “Semakin rendah kepadatan orang, semakin rendah risikonya,” bebernya.

Ia menambahkan, jika membawa barang yang cukup banyak, termasuk tas belanja dan menaruhnya di lantai kereta, sebaiknya segera bersihkan bawah tas dengan disinfektan. Ini berlaku untuk dompet, tas kain yang menyentuh tanah.

Baca Juga :  Anies Tutup Kegiatan Belajar di Sekolah Selama 2 Minggu

“Agar lebih aman, cucilah tas belanja yang sudah menyentuh lantai atau tanah menggunakan air panas,” kata dia.

Hal lain yang perlu dilakukan adalag sebisamungkin menghindari untuk menyentuh ponsel selama di perjalanan. Ponsel bisa menjadi tempat subur untuk kuman.

“Jari-jari kotor Anda yang sudah menyentuh tiang, lalu menyentuh layar ponsel kemudian pipi dan mulut Anda jika Anda melakukan panggilan,” tambahnya.

“Hindari menggunakan ponsel saat menggunakan transportasi umum. Jika tidak bisa, bersihkan layar ponsel menggunakan alkohol segera setelah Anda sampai di kantor atau kembali ke rumah,” tutur dia.

“Terakhir, sebaiknya jangan makan selama di perjalanan untuk menghindari kena penyakit,” pungkasnya. (HR)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close