Politik

Tiga Mantan Jenderal Maju Pilkada 2020, Kabareskrim Tekankan Polri Netral

Sinarpembaruan, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa netralitas Polri harga mati. Meski, dalam Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 terdapat mantan jenderal Polri yang ikut bursa pencalonan.

“Kami tekankan anggota untuk tidak usah terlibat dalam hal ikut mengkampanyekan dan secara diam-diam mendukung salah satu paslon khususnya dari Polri,” kata Sigit, usai Pelatihan Penanganan Tindak Pidana Pemilu dan Sistem Laporan Gakkumdu Pilkada 2020 di Aula Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut Sigit, netralitas sangat penting dijunjung guna membangun kepercayaan publik terhadap proses penegakan hukum ke depannya. Ia berharap agar anggota Polri berani menolak setiap perintah calon kepala daerah mantan Polri jika melanggar aturan hukum yang berlaku.

“Silahkan saja ditolak, toh tidak ada sanksi juga kalau menolak. Kalau diterima dan ikuti, masyarakat tahu kan kita sudah diatur ada aturan etik,” kata Mantan Kapolda Banten ini.  

Ada dua mantan jenderal Polri yang menyatakan maju pada Pilkada 2020. Keduanya adalah mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin dan mantan Kapolda Lampung Irjen Pol (Purn) Ike Edwin. Machfud coba maju dalam pemilihan Walikota Surabaya, sedangkan Ike Edwin mendaftar sebagai bakal calon Walikota Lampung.

Selain keduanya, ada satu jenderal aktif menjelang masa purna baktinya berencana ikut dalam Pilkada, yaitu mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal yang akan maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada Sumatera Barat. (FN)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close