Nasional

Anies Akui Banjir Jakarta

Sinarpembaruan, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banjir di sejumlah wilayah bukan berasal dari air kiriman daerah hulu.Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta.
 
“Air yang ada di sini (Sungai Manggarai) itu tidak banyak sampah artinya itu air lokal. Air lokal tidak bergolak,” kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta dikutip dari medcom.id Selasa, 25 Februari 2020.
 
Status Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, hari ini siaga 4 atau normal. Sementara itu, hujan turun cukup deras hingga Pintu Air Karet siaga 1.
Sejak Selasa dini hari, kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berkonsentrasi menangani banjir. Jajarannya mengevakuasi warga terdampak banjir hingga mendirikan pos pengungsian.
 
“Ada juga pos kesehatan untuk pasokan kebutuhan pokok masyarakat. Jadi kita siapkan semua ,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini menyiagakan personel di seluruh wilayah DKI Jakarta. Semua sumber daya dimaksimalkan untuk menangani banjir.
 
“Masing-masing wilayah bervariasi, satu wilayah ada yang 800 hingga 1.000 ditambah petugas pompa di lapangan,” ujar Juaini.
   
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda hujan ekstrem pada Senin dan Selasa, 24-25 Februari 2020. Curah hujan di atas 150 mm per hari.
 
“Curah hujan tertinggi 278 mm tercatat Stasiun Meteorologi Kemayoran,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab.
 
Kondisi ini menyebabkan sebagian kawasan di wilayah Jakarta terendam banjir. Kondisi ini terjadi sejak pukul 04.00 WIB. (i)
 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close