Nasional

Jokowi Bertemu Dengan 22 Ilmuan Peneliti di Korea Selatan

JAKARTA-Presiden Republik Indonesia Jokowi bertemu dengan 22 ilmuwan peneliti asal Indonesia yang masih berusia muda di hari ketiga di Busan, Korea Selatan, Senin (25/11/19). 

Dalam sambutannya Presiden RI Jokowi mengatakan, bahwa pemerintah telah membangun rumah besar untuk penelitian yang bernama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Ini memang baru awal karena memang mimpi kita semua yang namanya balai penelitian, lembaga-lembaga penelitian kita, lembaga kita semuanya masuk ke dalam rumah besar itu,” ujarnya.

Presiden menjelaskan, jika berdiri sendiri-sendiri setiap kementerian atau lembaga masing-masing memiliki anggaran penelitian antara Rp 700 miliar sampai Rp 800 miliar. Sementara jika digabungkan, angkanya ada Rp 26 triliun. 

“Kalau menurut saya itu angka besar banget meskipun belum sebesar yang tadi disampaikan 4 koma berapa? Di sini, 4,2 persen dari GDP kita ya memang belum,” kata Jokowi. 

Tetapi kalau yang Rp 26 triliun ini sudah benar. Jalannya sudah benar, kemudian hasilnya juga sudah ada. Presiden berjanji akan menagih hasilnya. 

“Kalau benar sudah berhasil, sudah bagus dan betul-betul bermanfaat untuk rakyat, untuk industri, untuk apa, desa, untuk petani, untuk nelayan ya,” tuturnya. 

Diakui Jokowi, 5 tahun kemarin pemerintah baru fokus pada infrastruktur. Kemudian, 5 tahun ke depan kita masih konsentrasi lagi di sumber daya manusia. Tetapi 5 tahun ke depannya, lanjut Presiden, mestinya kita sudah masuk ke yang namanya riset dan inovasi. “Itu sudah menjadi prioritas besar bangsa kita,” ujar Presiden. (i)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close