Politik

Setelah PKS, PKB Akan Menyusul Dukung Gibran di Pilkada Solo

JAKARTA-Dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo, Jawa bermunculan dan terus mengalir.

Setelah sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan sinyal untuk mendukung, kali ini giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga memberi sinyal untuk dukungan kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan hampir semua partai akan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut maju sebagai calon wali kota (cawalkot) Solo.



“Semua ya pasti mendukung, masa enggak mendukung sih?” ujar Jazilul di sela kegiatan Press Gathering Pimpinan MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Badung, Bali, Jumat 15 November 2019 malam.


Wakil Ketua MPR ini menuturkan, saat ini banyak anak muda yang alergi dengan politik. Oleh karena itu ketika Gibran yang dari kalangan milenial menyatakan niat terjun ke politik, tidak ada alasan untuk tidak mendukungnya.

“Anak-anak muda milenial ini banyak yang alergi di politik, biar dikasih contoh sama Mas Gibran,” urainya.

Sesuai aturan, kata dia, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dibutuhkan dukungan minimal 20% parpol di daerah.

“Kalau ada 20 persen parpol yang mengusung maka Mas Gibran bisa jadi calon wali kota. Melihat dari komposisi yang ada, saya pikir mampulah Mas Gibran untuk meyakinkan 20 persen parpol-parpol yang ada di Solo. Mampulah masak gak mampu sih,” katanya.

Baca Juga :  Demokrat Tunggu Jawaban Istana Soal Moeldoko


Meski menyatakan bakal memberikan dukungan, namun secara formal belum ada pembicaraan antara pihak Gibran dan PKB.

“Kalau secara formal belum, tapi PKB baru melihat dari jauh keseriusan Mas Gibran. Itu belum kita nilai serius karena belum pernah datang ke PKB. Tapi PKB mengapresiasi karena Mas Gibran ini masih sosok yang muda, ingin berkarya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal mengatakan partainya terbuka mendorong setiap anak bangsa yang memiliki kapasitas dan potensi untuk menjadi pemimpin.

“Kami akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara,” kata Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Kamis (14/11/2019).

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close