Nasional

Jelang Pelantikan, Ucapan Selamat dari Para Tamu Negara Kepada Jokowi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dan ucapan selamat dari sejumlah kepala negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Sebelum dilantik menjadi presiden bersama wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin, Jokowi menerima sejumlah kepala negara sejak pukul 09.00 hingga 10.20 WIB. Hujan ucapan selamat dari para kepala negara kepada presiden dan wakil presiden RI.

Jokowi yang mengenakan jas biru tampak didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Awalnya Jokowi menerima Sultan Brunei Darussalam, Hassanah Bolkiah. Pertemuan antara Jokowi dan setiap kepala negara berlangsung selama 20 menit.

Kemudian berlanjut menerima Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja, Y.M. Hun Sen dan Raja Eswatini, Raja Mswati III.

Jokowi juga menyambut kedatangan para kepala negara satu per satu di tangga masuk pintu Istana Merdeka.

Selanjutnya Jokowi mendampingi satu per satu kepala negara yang datang, mulai menandatangi buku tamu hingga melakukan pertemuan di Ruang Kredensial.

Selain didampingi Iriana, Jokowi juga didampingi Sekretaris Kabinet periode 2014-2019 Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara periode 2014-2019 Pratikno dan Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi mengatakan Jokowi menerima kunjungan tamu negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di gedung MPR.

“Presiden Jokowi baru saja menerima tamu tamu negara yang akan hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024,” ujar Retno di Istana Merdeka.

Ia menuturkan kedatangan para kepala negara untuk menyampaikan selamat kepada Jokowi karena terpilih kembali menjadi presiden. Para kepala negara, kata Retno meyakini Jokowi akan membawa Indonesia lebih baik.

“Rata-rata pembicaraan yang disampaikan adalah beliau menyampaikan ucapan selamat kepada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan beliau semua yakin presiden dan wakil presiden akan dapat membawa Indonesia yang lebih baik,” kata dia.

Kemudian, usai pelantikan Jokowi akan kembali menerima tamu-tamu negara.

Jokowi akan menerima Wakil Presiden China, Wang Qishan, Wakil Presiden Sosialis Vietnam, ng Th Ngc Thnh, Wakil Presiden Myanmar, Henry Van Thio.

Selain menerima Kepala Negara dan Wakil Presiden, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan menerima utusan khusus negara sahabat yakni Utusan Khusus Presiden Republik Korea, Noh Young-min, Utusan Khusus Presiden Filipina, Theodoro Locsin, Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Nakayama Norihiro.

Kemudian, Utusan Khusus Presiden Persatuan Emirat Arab, Y M. Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat, Hon. Elaine L. Chao.

“Setelah bapak (Jokowi) pelantikan akan ada lagi wakil presiden RRT, Wakil Presiden Vietnam, Wakil Wresiden Myanmar, dan para utusan khusus. Utusan khusus dari Korea, Filipina, Jepang, UAE dan Amerika Serikat,” kata Retno.


Diketahui, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin dijadwalkan akan dilantik di Gedung MPR pada Minggu hari ini pukul 15.30 WIB.(i)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close