Nasional

Jokowi Meminta Pelantikan Dilaksankan Secara Sederhana

JAKARTA – Sekretaris Jenderal MPR RI, Maruf Cahyono memastikan bahwa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin pada hari Minggu, tanggal 20 Oktober 2019 dilakukan secara sederhana, sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi.

Namun begitu, kata Maruf, MPR tetap menyesuaikan dengan standar peraturan Negara Republik Indonesia yang ada lantaran aka nada juga penyambutan tamu-tamu dari kepala negara dan kepala pemerintahan.

“Sederhana memang betul, kemarin pada saat kita rapat konsultasi dari pimpinan MPR dengan presiden jelas bahwa dilakukan sederhana, khidmat, agung, kan gitu. Tentu kita melaksanakannya seperti itu, karena sudah tersedia, semuanya sudah ada ya tinggal melaksanakan saja,” kata Maruf di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Kemudian Maruf turut memastikan pelantikan Jokowi-Maruf esok turut dihadiri oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Prabowo Subianto.

“Mulai presiden ke lima Megawati ya siap hadir SBY siap hadir kemudian nanti Pak Prabowo juga hadir Pak Sandiaga hadir, presiden juga yang mau dilantik wakil presiden Kyai Haji Maruf Amin juga pasti hadir,” ujarnya.

 “Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita tapi juga dunia internasional,” tambah dia.

Selain itu, lanjut dia, dalam pelantikan Presiden-Wakil Presiden lusa setidaknya akan dihadir 18 tamu dari lintas negara. Terdiri dari Kepala Negara hingga utusan khusus alias Duta Besar.

“Perkembangan terkahir ada 18 tamu negara, ada Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, ada utusan khusus yang akan hadir, juga para Duta Besar,” imbuhnya. (i)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close